KH. Sya'roni Ahmadi adalah sosok Kyai harismatik di Kudus. Beliau dikenal bijak dalam menyampaikan ajaran syariat Islam kepada masyarakat umum. Bahasa santun dan mudah difahami oleh awam merupakan salah satu daya tarik beliau.

"Pada Selasa Pon, 21 April 2021, 15 Ramadhan 1442, Mbah Sya'roni wafat dan dimakamkan di sini (samping aula rumah beliau). Jadi Ramadhan ini (1444 H) adalah Haul beliau yang kedua", terang Sahabat Irvan Maria Hussein, Ketua PAC GP Ansor Kota

Untuk memperingati Haul Ke-2 inilah, Ansor, Fatayat NU, IPNU dan IPPNU Kecamatan Kota Kudus menggelar kegiatan bersama. Peringatan ini diadakan pada tanggal 15 April 2023 dengan beberapa agenda.

Agenda yang pertama yaitu muqaddaman (Khotmil Quran) di komplek makam Mbah Sya'roni. Kegiatan ini di pimpin oleh Gus Fatihul Amin, Ketua Rijalul Ansor Kota bersama para rekan IPNU Kota.

Pembagian Ta'jil, merupakan agenda kedua. Ta'jil disiapkan oleh Rekan IPPNU dibawah koordinasi Rekanita Safira, Ketua IPPNU Kota. Sekitar 200 menu Ta'jil dibagikan kepada masyarakat yang melintas di Jalan KH. Turaichan Adjuhri.


Doa penutup Khotmil Quran dipimpin langsung oleh Putra KH. Sya'roni, yaitu KH. Yusrul Hana. Setelah itu, para kader Banom Muda NU Kota melaksanakan buka puasa bersama, di halaman Makam dengan suasana yang begitu teduh dan hidmat.

Fatayat NU dibawah komando Sahabat Farida, Ketua Fatayat Kota, telah mempersiapkan menu hidangan buka dengan baik. Semua peserta yang hadir bisa merasakan kedekatan antar sesama Kader Muda NU.

"Alhamdulillah, kader IPNU bisa hadir dan semangat untuk bersama para kader muda NU lainnya dari IPPNU, maupun Ansor dan Fatayat. Jalinan komunikasi seperti ini harus selalu ditingkatkan untuk mempererat hubungan antar sesama Banom di Kecamatan Kota", pernyataan Rekan Alfiyan, Ketua IPNU Kota.

Rangkaian Acara ini kemudian dilanjutkan dengan Shalat Maghrib berjamaah di Aula dan selanjutnya penyampaian sambutan motivasi oleh Bapak H. Wiyono, selaku pembina IPNU IPPNU sekaligus Ansor Kota.

"Saya pribadi mengucapkan banyak terima kasih atas kontribusi besar Rekan Rekanita IPNU dan IPPNU serta dari para Sahabat Fatayat NU Kota. Semoga para Banom Muda NU Kota ini, bisa terus bergerak bersama dalam 1 irama," closing statement dari sahabat Irvan.

Peringatan Haul Ke-2 KH.Sya'roni Ahmadi ini ditutup tepat menjelang sholat Isya dan para kader kembali ke rumah serta pada aktifitas mereka masing - masing dengan kegembiraan. Tampak beberapa panitia, bekerja bersama untuk kebersihan kembali lokasi acara.

Source: Ansor Kota Kudus