Wonderfulkota.com - Pimpinan Anak Cabang IPNU Bersama IPPNU Kecamatan Kota menyelenggarakan kegiatan Turun Kebawah (TURBA) I pada 24 Juli-31 Juli 2023. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh ranting se-Kecamatan Kota secara bertahap sesuai dengan zona yang telah ditentukan sebelumnya.

Wakil ketua bidang organisasi IPPNU Kota, Ima mengatakan pada TURBA I kali ini dilaksanakan secara zonasi dengan total 6 zonasi, hal ini bertujuan untuk ajang silaturahim antar satu ranting dengan ranting lain nya, kemudian unsur keefektifan juga menjadi pertimbangannya.

“Zonasi ini dibagi berdasarkan letak wilayah yang berdekatan antara ranting satu dengan ranting lainnya. uniknya, ada 1 ranting yang kita TURBA secara mandiri, sebab baru aktif kembali”, ungkapnya.

Dalam sambutannya, Ketua PAC IPPNU Kota, Safira menjelaskan bahwa pada periode ini mempunyai visi  “Rekontruksi IPNU-IPPNU sebagai Wadah Pelajar dan Santri yang Inklusif dalam Membangun Peradaban di Abad Kedua NU”. Artinya PAC IPNU IPPNU Kota akan menyesuaikan diri dengan Pimpinan Pusat, Wilayah maupun Cabang, artinya PAC IPNU IPPNU Kota akan fokus juga pada Pimpinan Komisariat Sekolah maupun Pondok Pesantren.

“Jadi dengan visi kami yang seperti ini, harapannya rekan rekanita dapat bekerjasama dengan kami terkait informasi ataupun semua hal yang berkaitan dengan komisariat, meskipun rekan rekanita merupakan dari ranting masing-masing”, harapnya.

Ditemui terpisah, Ketua PAC IPNU Kota, Alfiyan mengatakan TURBA I ini merupakan agenda tahunan, tujuannya untuk mengenalkan pengurus baru dan sosialisasi mengenai program kerja dalam satu tahun mendatang. Dilaksanakan secara zonasi sekaligus merupakan contoh kegiatan kolaborasi antar ranting agar dapat saling bekerja sama satu dengan yang lain.

“Harapan kami tidak hanya PAC yang berkenalan, tapi juga antar ranting dapat saling kenal minimal dari ketua dan pengurusnya. Kemudian sebisa mungkin pasca turba ini lebih sadar pentingnya bermedia sosial untuk memperkenalkan organisasi kita, IPNU-IPPNU di lingkup  yang lebih luas.” Pesannya. (Nab)