Wonderfulkota.com- Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinantikan kehadirannya oleh semua umat islam. Selain dengan keberkahannya, setiap kebaikan akan dilipat gandakan oleh Allah.

PERABA (Pesantren Ramadhan Berkah) merupakan kegiatan tahunan di bulan Ramadhan oleh ranting Barongan yang dilaksanakan pada Ahad- Senin (7-8/04/2024) di Masjid Baitul Muttaqin, tepatnya di Proliman Jl. Sosrokartono Barongan Kudus.

Kegiatan yang diikuti oleh 50 orang ini memiliki 2 kategori penyampaian materi, yakni kategori SD ke bawah dan SMP ke atas. Perbedaan ini bertujuan agar materi dapat tersampaikan dengan baik, mengingat perbedaan umur yang jauh dan kapasitas otak yang berbeda. Dengan pendampingan yang maksimal oleh panitia, kegiatan berlangsung dengan lancar.

M. Abdul Muhyi, Ketua Panitia menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membentuk generasi muda yang berguna bagi masyarakat.

“Tujuannya diharapkan pesantren Ramadhan dapat membentuk generasi muda yang berakhlaqul karimah, berpengetahuan luas dan berguna bagi masyarakat” Terangnya. 

Kegiatan Hari pertama, diisi dengan materi Aqidah Akhlaq, Fiqih, dan Sejarah Islam/Tarekh. Sedangkan hari kedua, diisi dengan game dan beberapa lomba, yaitu tebak kata, tebak gambar, estafet sarung, drama, dan lomba cerdas cermat. Pada kesempatan ini peserta diuji seberapa paham mereka tentang agama islam serta bagaimana berinteraksi dengan peserta lain agar menang.

Salah satu peserta, Hanny mengaku mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan ini.

“ Dari acara ini saya bisa menjalin relasi yang banyak terhadap teman-teman IPNU-IPPNU yang lain, menambah ilmu dan wawasan, serta berfikir kreatif dan kritis, terutama pada saat game dan lomba cerdas cermat” Ujarnya.


Penulis: Ashfa Nihlatil Husna

Editor: Nabila Magdalena